Desrita Asriani.2017. Kemampuan Menggunakan Kata Penghubung dalam Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 01 Gunung Kijang Tahun Pelajaran 2016-2017. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing 1. Ahada Wahyusari, M.Pd., Pembimbing 2. Erwin Pohan, M.Pd.
Kata Kunci :Analisis, Kemampuan Menulis Cerpen
Penggunana kata penghubung di SMKN 01 Gunung Kijang khususnya di kelas X Banyak mengalami hambatan karena siswa kurang memahami penggunaan kata penghubung yang sesuai dengan yang seharusnya digunakan, banyak dari siswa tidak bisa menempatkan kata penghubung dalam karangan terutama karangan eksposisi. Dengan latar belakang permasalahan tersebutlah, peneliti tertarik untuk meneliti Kemampuan Menggunakan Kata Penghubung dalam Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 01 Gunung Kijang tahun pelajaran 2016-2017.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan kata penghubung siswa SMK Negeri 01 Gunung Kijang Tahun Pelajaran 2016-2017. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode diskriptif adalah metode yang diuraikan dalam bentuk kata-kata bukan angka-angka.. Dalam penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan semua aspek penulisan yang ada di dalam sebuah karangan yang terdapat pada karya tulis siswa kelas X SMK Negeri 01 Gunung Kijang Tahun Pelajaran 2016-2017.
Untuk mengetahui kemampuan menggunakan kata penghubung dalam karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 01 Gunung Kijang, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitataif. Teknik ini digunakan untuk menggambarkan hasil kegiatan menulis siswa dari tes yang telah diberikan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa :
Berdasarkan data yang dapat disimpulkan bahwa rentang skala 91- 100 dengan kategori tingkat kemampuan dengan jumlah siswa 0 orang dan persentase 0 %, sedangakan rentang skala 76-90 dengan kategori tingkat kemampuan baik dengan jumlah siswa 4 dengan persentase 15.40%, sedangkan rentang skala 55- 75 dengan jumlah siswa 11 dan persentase 42.30%, serta rentang skala 0-54 dengan jumlah siswa 11 orang dan persentase 42.30 %, dari keseluruhan penggunaan kata penghubung nilai rata-rata 60 dengan kategori cukup.