Repositori Tugas Akhir Universitas Maritim Raja Ali Haji Repositori Tugas Akhir Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Home
  • Tentang Repositori Tugas Akhir UMRAH
  • Fakultas
    • Fakultas Ekonomi
    • Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan
    • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Fakultas Teknik
  • Upload Tugas Akhir
Menu
  • Home
  • Tentang Repositori Tugas Akhir UMRAH
  • Fakultas
    • Fakultas Ekonomi
    • Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan
    • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Fakultas Teknik
  • Upload Tugas Akhir
loading...

ANALISIS KINERJA PEGAWAI BIDANG SUMBER DAYA AIR DI DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KOTA TANJUNGPINANG

on: September 05, 2017In: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Print Email

Kinerja pegawai adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya dan melaksanakannya dengan penuh kerja keras dan disiplin sesuai dengan ilmu yang dimiliki dan mematuhi segala peraturan yang berlaku serta memiliki kreativitas dalam melaksanakan dan menyelesaikan masalah untuk tercapainya suatu tujuan demi berhasilnya sebuah hasil kerja yang baik sesuai dengan yang diharapan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai bidang Sumber Daya Air di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Tanjungpinang. Informan dari penelitian ini yaitu Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Sumber Daya Air 1 (satu) orang, Kepala Seksi Pengembangan Jaringan Sumber daya Air dan Drainase 1 (satu) orang, 10 ( sepuluh ) orang pegawai sumber daya air, 2 ( orang ) pegawai operator alat berat dan 2 ( dua orang ) warga. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode Purposive sampling dan teknik analisa data yang digunakan yaitu denagn menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah John Miner dalam Sudarmanto yaitu kualitas pekerjaan, kuantitas pekerjaan, penggunaan waktu, kerja sama, disiplin dan kreativitas.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kinerja pegawai sumber daya air di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungpinang belum berjalan lancar dan optimal karena masih didapati beberapa masalah dalam melaksanakan pekerjaannya yaitu masalah ketidak nyamanan dalam melaksanakan pekerjaan yang dilihat dari segi perlengkapan alat yang digunakan untuk turun kelapangan ( survei ), masalah pembagian gaji/hasil yang tidak adil. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah perlu adanya kebijakan dari kepala bagian dan kepala seksi bersama-sama untuk menciptakan suatu kebijakan agar perlengkapan dapat terpenuhi demi kelangsungan pekerjaan sumber daya air, dan adanya kebijakan yang tegas dari kepala bidang sumber daya air tentang pembagian hasil/gaji yang diberikan kepada pegawai dan harus transparan tidak boleh ditutup-tutupi, sehingga pembagian merata dan sesuai dengan apa yang pegawai kerjakan dan pegawai menjadi semangat dalam menyelesiakan pekerjaan mereka meskipun pekerjaan itu berat.
Kata kunci : faktor yang mempengaruhi kinerja